Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.
Konsumen akan merasa puas jika hasil produksi sebuah produk dari suatu perusahaan yang berkualitas dan memuaskan keinginan mereka .
Adapun pendekatan yang dilakukan demi memuaskan keinginan para konsumen ,
1. Pendekatan Kardinal
Asumsinya :
a.Kepuasan konsumsi dapat diukur dengan satuan ukur.
b.Makin banyak barang dikonsumsi makin besar kepuasan
c.Terjadi hukum The law of deminishing Marginal Utility pada tambahan kepuasan setiap satu satuan.
d.Tambahan kepuasan untuk tambahan konsumsi 1 unit barang bisa dihargai dengan uang, sehingga makin besar kepuasan makin mahal harganya.
Pendekatan kardinal biasa disebut sebagai Daya guna marginal.
2. Pendekatan Ordinal
Asumsinya :
a.Konsumen rasional, mempunyai skala preferensi dan mampu merangking kebutuhan yang dimilikinya
b.Kepuasan konsumen dapat diurutkan, ordering
c.Konsumen lebih menyukai yang lebih banyak dibandingkan lebih sedikit, artinya semakin banyak barang yang dikonsumsi menunjukkan semakin tingginya tingkat kepuasan yang dimilikinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar