Jumat, 02 Oktober 2009

Jeleknya pelayanan PT KAI

Kereta api , sudah tak sing lagi ditelingga kita . boleh dikatakan kereta api ini merupakan angkutan yang merakyat , karena semua lapisan masyarakat dapat menggunakan sarana transportasi ini , disebabkan karena harga tiketnya yang murah dan cepat , sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakannya mulai dari anak sekolahan sampai pegawai kantoran . hanya saja karena banyaknya penumpang yang menggunakan transportasi ini , pelayanannya menjadi semakin buruk , padahal kau mau dipkirkan harusnya saat banyak masyarakat menggunakan transportasi ini PT KAI harusnya dapat member I pelayanan yang lebih baik lagi . tapi yang terjadi malah sebaliknya . bukan saja pelayanannya yang buruuk misalnya saat kereta sudah penuh sesak jangan membolehkan penumpang untuk bergelantungan d depan pintu keluar, berdiri di antara gerbong yang satu dan yang lain , dan yang paling meresahkan yaitu banyaknya pemuda yang sering memilih untuk duduk d atas gerbong . hal ini sangat membahayakan dan kadang sering terjadi aksi pencopetan dsb . benar-benar tragis. banyak sudah masukan yang sudah diberikan kepada PT KAI untuk memperbaiki kinerja dan nama baiknya tapi sama saja .
Untuk lebih mengetahui tentang PT KAI , di bawah ini telah saya paparkan profile singkat dari PT KAI :
Visi Perusahaan:
Penyediaan jasa Kereta Api sebagai pilihan utama dengan:
1. Seluruh lapisan masyarakat adalah pelanggan
2. Berkembang dan terdepan dalam keselamatan dan keandalan
3. Pelopor dalam pembangunan yang berwawasan lingkungan
4. Karyawan bangga dan sejahtera
5. Keuangan perusahaan sehat
Melalui semangat top-21 yang merupakan “RAILWAY SPIRIT FOR STRATEGIC CHANGE” untuk mencapai misi perusahaan.
Misi Perusahaan:
1. Mewujudkan transportasi yang bersifat massal untuk pertumbuhan ekonomi serta menunjang pembangunan sektor lain dan pemerataannya.
2. Mampu menghidupkan diri sendiri dan memupuk keuntungan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan.
Makna Karakter Logo Kereta Api:
Gambar lambang menyiratkan sifat: tegas, pasti, tajam, gerak horisontal, juga bolak balik. Dua garis lurus dengan ujung lengkung meruncing, dengan arah berlawanan, selain menggambarkan arah bolak balik perjalanan kereta api, juga melambangkan pelayanan(memberi dan menerima).

Gaya gambar: lugas, langsung, tajam, selaras dengan staf teknis kereta api. Ujung garis tajam tapi melengkung untuk menyiratkan arah / kecepatan (aerodinamis), tetapi cenderung agak tumpul melengkung, tidak terlampau tajam, agar memberi kesan aman (sesuatu bentuk yang terlampau runcing lebih memberi kesan ancaman, rasa sakit dan agresivitas; asosiatif kepada senjata tajam, duri dan semacamnya).

Sifat gambar: Sifat gambar lebih lugas, obyektif, karena bentuk geometrisnya yang dominan dan lebih bersifat maskulin. Kesan sangat modern, teknis, jelas terlihat.
Makna Top-21:

Teknologi
Kemajuan teknologi dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan, kapasitas angkut, keandalan operasi dan nilai lebih pegawai


Operasi
Keselamatan, ketetapan, kenyamanan yang tinggi dari operasi kereta api menjadikan kereta api terpercaya sebagai sarana transportasi utama.

Pelayanan Prima
Perbaikan terus menerus atas pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

21 (dua satu)
Dua:
Selain mengandung arti abad ke-21, juga berarti:
1. Kereta api merupakan alat utama dalam SISTRANAS untuk mendukung pembangunan nasional.
2. Keuangan yang sehat menjamin pertumbuhan yang tinggi dan meningkatkan kemampuan sumber daya perusahaan.
Satu:
Penyediaan jasa kereta api yang andal merupakan bukti nyata kemampuan perusahaan.
Budaya Perusahaan:
Budaya perusahaan merupakan pola sikap, keyakinan, asumsi dan harapan yang dimiliki bersama menjadi pegangan teguh dan pedoman dalam melakukan interaksi antar karyawan dalam usaha mencapai sasaran perusahaan, yang disebut RELA.
RELA berarti ikhlas bekerja, ikhlas berjuang, ikhlas berkorban dan ikhlas belajar untuk kemajuan perusahaan. RELA juga merupakan penjabaran dari R = Ramah, E = Efisien dan efektif, L = Lancar, dan A = Aman.
Tujuan Perusahaan:
1. Turut serta melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional khususnya di bidang transportasi.
2. Mendukung penyediaan barang atau jasa di bidang perkeretaapian yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat di pasar domestik maupun mancanegara
3. Meningkatkan kemampuan perawatan prasarana dan sarana perkeretaapian, serta menyelenggarakan usaha penunjang di bidang prasarana dan sarana kereta api dan kemanfaatan umum dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas.
Sasaran Perusahaan:
1. Kuantitatif, secara terus menerus dan bertahap meningkatkan kinerja pelayanan dan keuangan melalui berbagai strategi pertumbuhan, antara lain peningkatan produktifitas, efektifitas, efisiensi serta investasi secara selektif.
2. Kualitatif, memproyeksikan pertumbuhan angkutan penumpang rata-rata 4,68 % per tahun, sasaran kinerja tahun 2004 dapat mengangkut 241,66 juta penumpang atau 22,192 Milyar Pnp – Km, dan memproyeksikan pertumbuhan angkutan barang rata-rata 4,29 % per tahun, sasaran kinerja tahun 2004 dapat mengangkut 23,43 juta ton barang atau 6,341 Milyar Ton – km.
Kalau melihat dari profilenya , harusnya PT KAI dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi , harus lebih ditingkatkan profesionalismenya lagi agar dapat mewujudkan PT KAI yang lebih baik dari sebelumnya , untuk itu sangat diperlukan SDM yang juga mampu menciptakan lingkungan yang baik , dengan kata lain profesionalismenya perlu ditingkatkan lagi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar