Sabtu, 10 Oktober 2015

Marketing Mix - Apartemen Margonda Residence V

Marketing Mix 7P - Margonda Residence V
Salah satu strategi yang berhubungan dengan kegiatan pemasaran perusahaan adalah marketing mix strategy yang didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong (1997) yang menyatakan bahwa marketing mix as the set of controllable marketing variables that the firm bleads to produce the response it wants in the target market”.
Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa bauran pemasaran merupakan variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasarsasaran. Dan untuk usaha jasa terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.
Apartemen pertama di Depok itu dinamai Margonda Residence. Dibangun oleh PT Cempaka Bersamamaju di atas lahan seluas 1,2 ha, Margonda Residence itu terletak di Margoda Raya, tak jauh dari tugu selamat datang masuk kawasan Margonda.
Apartemen ini memiliki kelebihan tersendiri karena dibangun di atas tanah yang berbukit-bukit, yang dilengkapi center bridge (jembatan penghubung) dan roof garden. Secara konsep apartemen ini untuk mahasiswa yang kampusnya berdekatan dengan lokasi apartemen. Atau, untuk orang yang ingin berinvestasi dengan membeli apartemen lalu menyewakan pada mahasiswa. Ini bisa dipahami karena lokasi Margonda Residence berdekatan dengan kampus Universitas Indonesia, Universitas Pancasila, dan Universitas Gunadarma. Ada puluhan ribu mahasiswa dari tiga universitas tersebut yang menjadi pasar potensial apartemen ini.
CEMPAKA GROUP Dengan pengalaman sebagai General Contractor sejak tahun 1980 an, yang sudah sukses membangun proyek-proyek besar dalam bidang Apartemen, Shopping Center, Shophouses, Housing, Factory, Warehouse, Car Showroom dan Office Building, PT. Cipta Kertasari Mas / CKM (salah satu owner Perusahaan) bermitra dengan beberapa partner yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing, untuk membentuk usaha dibidang developer, maka terbentuklah untuk yang pertama kali PT. Cempaka Bersamamaju. Cempaka Bersamamaju, didirikan untuk mengembangkan proyek apartemenMargonda Residence di Jalan Margonda Raya Depok. Apartemen ini berada di lahan yang berkonstur menurun 10 meter dibawah Jalan Margonda Raya. Namun dengan naluri dan keahlian yang dimilki oleh salah satu pendiri , yaitu Dipl. Ing. Teddy Budianto, alumni tehnik dari Jerman, lahan tersebut berhasil disulap menjadi apartemen yang sangat menarik dan mendapat respon yang sangat positif dari masyarakat.
Performance Margonda Residence Berdasarkan 7P, Price, Product, Promotion, Place, People, Process dan Physical Environment / Evident.
  1. Price
Pihak Margonda Residence memang sengaja memilih membangun apartemen di kawasan Margonda sebab harga perumahan di dekat lokasi tersebut sudah terlalu mahal dan tidak terjangkau. Karena itu, pihaknya membangun sebagian besar apartemen tipe 20 dengan harga sekitar Rp 100 juta sehingga bisa terjangkau oleh mahasiswa.
Pembelian Apartemen ini pun bias dilakukan dengan KPR
  1. Product
Product yang ditawarkan disini berupa unit-unit apartemen dengan fasilitas pendukung, seperti Fitness Center, Swimming pool dan akses yang dekat dengan pusat perbelanjaan dan jalan-jalan penting di daerah margonda.

  1. Promotion
Selain melakukan pengenalan tentang Developer dan Pembangunan Residence ini, pihak pembeli dapat langsung menghubungi pihak marketing Margonda Residence untuk mengetahui harga yang menarik dan promo yang sedang dilaksanakan, agar dapat dijelaskan dengan lebih jelas oleh pihak Margonda Residence.
  1. Place
Lokasi Margonda Residence cukup strategis karena terletak di pusat keramaian Kota Depok dan tidak jauh dari tiga universitas besar. Tidak jauh dari lokasi apartemen sudah berdiri Mal Depok, Plaza Depok, dan dalam proses pembangunan ITC Carrefour, serta rencana dibangun Depok Town Square/Macro City. Lingkungannya juga masih sangat alami dan letaknya di bukit sehingga memungkinkan perencanaan landscape yang baik.
  1. People
Yang paling berpengaruh pada hal ini yaitu Staff Marketing, dimana mereka harus membuat semenarik mungkin tentang Apartemen ini sehingga calon pembeli menjadi tertarik. Pengembang/pengolah Apartemen pun mempunyai peran pentingnya masing-masing.
  1. Proses
Proses yang terjadi yaitu waktu calon pembeli tertarik dengan apartemen ini, maka pihak apartemen akan memberikan penjelasan lebih detail mengenai apartemen dan semua fasilitas dan kemudahan yang akan diterima calon pembeli. Setelah dirasa cocok maka pihak calon pembeli dapat memilih untuk dibayar melalui KPR ataupun tidak, sesuai dengan kemampuannya. Dan pihak pembeli pun berhak untuk menyewakan apartemen ini kepada pihak yang lain.
  1. Physical Evidence
Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).

Referensi :
http://margonda-residence.blogspot.co.id/2014/08/cempaka-group-properti.html
http://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html

2 komentar:

  1. bagus banget apartemennya terutama untuk mahasiswa, selain dekat dengan universitas, harganya juga bisa dijangkau oleh mahasiswa..cocok gan
    apartemen dijual di cimanggis

    BalasHapus
  2. bagus banget apartemennya terutama untuk mahasiswa, selain dekat dengan universitas, harganya juga bisa dijangkau oleh mahasiswa..cocok gan
    apartemen dijual di cimanggis

    BalasHapus