Senin, 13 Juni 2011

Tugas Bahasa Indonesia II

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan informasi komputer saat ini maju sangat pesat. Terbukti dengan adanya banyak perkembangan yang terjadi dan sangat membantu disetiap aspek kehidupan manusia yang mendorong penggunaan dan pemanfaatan dari teknologi tersebut, sehingga memudahkan setiap masyarakat umum bahkan setiap individu dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.
Penggunaan dan pemanfaatan dari teknologi dan informasi komputer ini dirasa penting untuk digunakan di bidang ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya yaitu ilmu Psikologi. Psikologi sendiri sangat luas ruang lingkupnya, sehingga sangat mungkin untuk bisa menggunakan kemajuan teknologi komputer dan informasi yang ada untuk menjelaskan setiap hubungan, kejadian, bahkan sebab dari segala keterhubungan yang ada.
Dengan penggunaan ilmu Psikologi yang sangat penting, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memudahkan seorang psikolog untuk dapat melakukan penilaian yang tepat atas suatu kasus yang terjadi. Khususnya untuk bidang analisa pengaruh suatu tontonan terhadap anak-anak dalam usia sekolah antara umur 3-8 tahun. Mengingat saat ini terlalu banyak film-film yang sering menunjukkan adegan-adegan bahkan percakapan yang tidak layak dikonsumsi di usia mereka. Apalagi disaat umur seperti itu mereka masih sangat labil dan hal itu sangat memungkinkan mereka untuk meniru setiap adegan yang ditayangkan.
1.2 Batasan Masalah
Agar penggunaan aplikasi ini tepat pada sasaran yang dimaksud, maka penulis membatasi penggunaan aplikasi ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh suatu tontonan bagi anak diusia 3-8 tahun dalam hal ini mempengaruhi pola pikir, tingkah laku, bahkan cara bicara si anak tersebut.

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan pembuatan aplikasi ini adalah untuk memudahkan pekerjaan seorang psikolog dengan memanfaatkan kemajuan teknologi komputer dan informasi sekarang ini. Untuk melakukan penelitian, khususnya untuk menganalisa pengaruh suatu tontonan kepada anak-anak diusia 3-8 tahun, sehingga bisa mengetahui dengan pasti seperti apa pengaruh tontonan kepada mereka. Pengaruh yang ada, seperti untuk pola pikir, tingkah laku bahkan cara bicara si anak tersebut.

1.4 Metode Penelitian
Dalam pembuatan aplikasi ini digunakan 1 unit komputer pribadi lengkap spesifikasi Intel Inside Pentium IV, single core, memory 1Gb, menggunakan sistem operasi Windows XP. menggunakan bahasa pemrograman VB.Net, untuk penyimpanan Database menggunakan mysql , dan menggunakan Struktur Navigasi untuk diagramnya .
Prosedur Pembuatan Aplikasi
1. Analisa Kebutuhan
Pada tahap ini dapat diketahui kebutuhan apa saja yang diperlukan sehingga dapat tercapainya tujuan yang telah ditentukan.
2. Desain
perancangan tampilan aplikasi, yaitu dengan membuat rancangan tampilan halaman home, login untuk admin, daftar pertanyaan untuk tes menganalisa sesuai judul yang ada, dan akan menampilkan hasil dari kuisioner tersebut.
3. Perancangan
Pada tahap ini akan dibuat gambaran dari program yang dibuat gambaran dari rancangan antarmuka dari aplikasi yang dibuat.
4. Implementasi
Pada tahap ini akan dilakukan penginstallan software yang digunakan, proses pembuatan database, dan proses pembuatan aplikasi.




5. Uji coba
Uji coba aplikasi didahului dengan proses debugging. Program yang sudah valid dan terverifikasi, selanjutnya dijalankan selama beberapa kali. Hal yang diperhatikan selama penjalanan program adalah konsistensi output yang dihasilkan.

1.5 Sistematika Penulisan
Untuk memberi gambaran terkait keterhubuangan antara bab yang satu dengan bab yang lainnya, maka penulis menguraikan dalam sistematika penilisan yang tertera dibawah ini :

Bab I : Pendahuluan
Pada bab ini memaparkan tentang latar belakang, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, serta sistematika yang disajikan dalam penulisan.

Bab II : Landasan Teori
Pada bab ini memaparkan tentang teori-teori dasar yang digunakan dalam penyusunan ini, yakni teori dasar bahasa pemrograman VB.Net, teori teori dasar My.SQL, teori dasar Struktur Navigasi dan teori Psikologi.

Bab III : Analisis , Perancangan dan Pembuatan Aplikasi
Perancangan dan pembuatan aplikasi ini akan dipaparkan. Meliputi penggunaan VB.Net, perancangan diagram dengan Struktur Navigasi, bahkan databasenya dengan MySql serta perancangan user interface. Bahkan akan dilakukan pengujian dengan cara implementasi program, metode pengujian terhadap program dan hasil pengujiannya.

Bab IV : Kesimpulan dan saran
Berisi tentang kesimpulan dari semua pembahasan dalam penulisan ilmiah ini serta saran untuk penyempurnaan aplikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar