Selasa, 28 September 2010

Grafik Komputer dan Pengolahan Citra

Grafik Komputer – pengolahan citra dan Game technology

Grafik Komputer :

suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik dan bahkan struktur abstrak.

•Istilah ”Grafik Komputer”ditemukan

tahun 1960 oleh William Fetter :
pembentukan disain model cockpit
(Boeing) dengan menggunakan pen
plotter dan referensi model tubuh
manusia 3 Dimensi

Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun seringkali citra yang kita miliki
mengalami penurunan mutu (degradasi), misalnya mengandung cacat atau derau
(noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan sebagainya.
Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih sulit diinterpretasi karena informasi
yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi berkurang.
Agar citra yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh manusia
maupun mesin), maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain yang
kualitasnya lebih baik. Bidang studi yang menyangkut hal ini adalah pengolahan
citra (image processing).
Pengolahan citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan
komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik.

Di dalam bidang komputer, sebenarnya ada tiga bidang studi yang berkaitan
dengan data citra, namun tujuan ketiganya berbeda, yaitu:
1. Grafika Komputer (computer graphics).
2. Pengolahan Citra (image processing).
3. Pengenalan Pola (pattern recognition/image interpretation).

Grafika Komputer bertujuan menghasilkan citra (lebih tepat disebut grafik atau
picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan
sebagainya. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk
melukis elemen-elemen gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik,
panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika
komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi dan virtual reality.
Contoh grafika komputer misalnya menggambar sebuah ‘rumah’ yang dibentuk
oleh garis-garis lurus, dengan data masukan berupa koordinat awal dan koordinat ujung garis.

Pengolahan Citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra menjadi citra lain. Jadi, masukannya adalah citra dan keluarannya juga citra, namun citra keluaran mempunyai kualitas lebih baik daripada citra masukan. Termasuk ke dalam bidang ini juga adalah pemampatan citra (image compression).

Pengenalan Pola mengelompokkan data numerik dan simbolik (termasuk citra)
secara otomatis oleh mesin (dalam hal ini komputer). Tujuan pengelompokan
adalah untuk mengenali suatu objek di dalam citra. Manusia bisa mengenali objek yang dilihatnya karena otak manusia telah belajar mengklasifikasi objek-objek di alam sehingga mampu membedakan suatu objek dengan objek lainnya. Kemampuan sistem visual manusia inilah yang dicoba ditiru oleh mesin.
Komputer menerima masukan berupa citra objek yang akan diidentifikasi,
memproses citra tersebut, dan memberikan keluaran berupa deskripsi objek di dalam citra.

Terminologi lain yang berkaitan erat dengan pengolahan citra adalah computer vision atau machine vision. Pada hakikatnya, computer vision mencoba meniru cara kerja sistem visual manusia (human vision). Human vision sesungguhnya sangat kompleks. Manusia melihat objek dengan indera penglihatan (mata), lalu citra objek diteruskan ke otak untuk diinterpretasi sehingga manusia mengerti objek apa yang tampak dalam pandangan matanya. Hasil interpretasi ini mungkin digunakan untuk pengambilan keputusan (misalnya menghindar kalau melihat mobil melaju di depan).
Computer vision merupakan proses otomatis yang mengintegrasikan sejumlah besar proses untuk persepsi visual, seperti akuisisi citra, pengolahan citra, klasifikasi, pengenalan (recognition), dan membuat keputusan. Computer vision terdiri dari teknik-teknik untuk mengestimasi ciri-ciri objek di dalam citra, pengukuran ciri yang berkaitan dengan geometri objek, dan menginterpretasi informasi geometri tersebut.
Mungkin berguna bagi anda untuk mengingat persamaan [JAI95] berikut:

Vision = Geometry + Measurement + Interpretation (1.1)

Proses-proses di dalam computer vision dapat dibagi menjadi tiga aktivitas:
1. Memperoleh atau mengakuisisi citra digital.
2. Melakukan teknik komputasi untuk memperoses atau memodifikasi data citra
(operasi-operasi pengolahan citra).
3. Menganalisis dan menginterpretasi citra dan menggunakan hasil pemrosesan
untuk tujuan tertentu, misalnya memandu robot, mengontrol peralatan,
memantau proses manufaktur, dan lain -lain.





Pengolahan citra mempunyai aplikasi yang sangat luas dalam berbagai bidang
kehidupan. Di bawah ini disebutkan beberapa aplikasi dalam beberapa bidang
[MEN89].

1. Bidang perdagangan
(a) Pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang (umum
digunakan di pasar swalayan/supermarket).
(b) Mengenali huruf/angka pada suatu formulir secara otomatis.

2. Bidang militer
(a) Mengenali sasaran peluru kendali mela lui sensor visual.
(b) Mengidentifikasi jenis pesawat musuh.

3. Bidang kedokteran
(a) Pengolahan citra sinar X untuk mammografi (deteksi kanker payudara)
(b) NMR (Nuclear Magnetic Resonance)
(c) Mendeteksi kelainan tubuh dari foto sinar X.
(d) Rekonstruksi foto janin hasil USG

4. Bidang biologi
Pengenalan jenis kromosom melalui gambar mikroskopik

5. Komunikasi data
Pemampatan citra yang ditransmisi.

6. Hiburan
Pemampatan video (MPEG)

7. Robotika
Visualy-guided autonomous navigation

8. Pemetaan
Klasifikasi penggunaan tanah melalui foto udara/LANDSAT

9. Geologi
Mengenali jenis batu-batuan melalui foto udara/LANDSAT

10. Hukum
(a) Pengenalan sidik jari
(b) Pengenalan foto narapidana.




Ikhtisar 
Proses membuat grafik komputer 3D dapat berurutan dibagi menjadi tiga tahap dasar: 3D modeling yang menggambarkan proses pembentukan bentuk tata letak, objek dan animasi yang menggambarkan gerakan dan penempatan obyek dalam adegan, dan 3D rendering yang memproduksi gambar objek.

Modeling 
Dalam komputer grafis 3D, pemodelan 3D adalah proses mengembangkan representasi, wireframe matematis dari setiap objek tiga-dimensi (baik mati atau hidup) melalui perangkat lunak khusus.
 Produk ini disebut sebagai model 3D. Hal ini dapat ditampilkan sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering atau digunakan dalam simulasi komputer fenomena fisik. Model ini juga dapat secara fisik dibuat menggunakan perangkat 3D Printing. 
Model dapat dibuat secara otomatis atau manual.
 Pemodelan manual proses persiapan data geometris untuk komputer grafis 3D ini mirip dengan seni plastik seperti patung. 
Model 
model 3D merupakan objek 3D menggunakan koleksi poin dalam ruang 3D, dihubungkan dengan berbagai entitas geometris seperti segitiga, garis, permukaan melengkung, dll Menjadi pengumpulan data (poin dan informasi lainnya), model 3D dapat dibuat dengan tangan , algoritma (model prosedural), atau dipindai.
 
model 3D banyak digunakan di mana saja grafis 3D yang digunakan.Sebenarnya, penggunaan mendahului meluasnya penggunaan 3D grafis pada komputer pribadi.
 Banyak game komputer digunakan pra-diberikan gambar model 3D seperti sprite sebelum komputer bisa membuat mereka secara real-time. 
Hari ini, model 3D yang digunakan dalam berbagai bidang.
 Industri medis menggunakan model rinci organ. Industri film menggunakan mereka sebagai karakter dan objek untuk gambar kehidupan nyata animasi dan gerak. Industri permainan video menggunakan mereka sebagai aset untuk permainan komputer dan video. Sektor ilmu menggunakannya model sebagai sangat rinci tentang senyawa kimia.Industri Arsitektur menggunakan mereka untuk menunjukkan bangunan yang diusulkan dan lanskap. Komunitas rekayasa menggunakan mereka sebagai desain yang baru, kendaraan perangkat dan struktur serta sejumlah penggunaan lainnya. Pada dekade belakangan ini masyarakat ilmu bumi telah mulai membangun model 3D geologi sebagai praktek standar. 




3D scanner 

Sebuah scanner 3D adalah sebuah perangkat yang menganalisa objek dunia nyata atau lingkungan untuk mengumpulkan data tentang bentuk dan mungkin tampilan (warna yaitu). Data yang terkumpul kemudian dapat digunakan untuk membangun digital, model tiga dimensi yang berguna untuk berbagai aplikasi yang luas. Perangkat ini digunakan secara luas oleh industri hiburan dalam produksi film dan video game. aplikasi umum lainnya dari teknologi ini termasuk desain industri, orthotics dan prostetik, reverse engineering dan prototyping, kontrol kualitas / inspeksi dan dokumentasi artefak budaya. 
Banyak teknologi yang berbeda dapat digunakan untuk membangun perangkat ini pemindaian 3D, setiap teknologi datang dengan sendiri, keterbatasan dan kelebihan biaya.
 Harus diingat bahwa banyak keterbatasan dalam jenis obyek yang dapat didigitalkan masih ada: untuk teknologi optik misalnya menghadapi banyak kesulitan dengan mengkilap, mirroring atau benda transparan. 
Namun ada cara untuk memindai objek mengkilat, seperti menutupi mereka dengan lapisan tipis serbuk putih yang akan membantu foton cahaya lebih untuk mencerminkan kembali ke pemindai.
 Laser scanner dapat mengirim triliunan foton cahaya terhadap sebuah obyek dan hanya menerima sebagian kecil dari mereka foton kembali melalui optik yang mereka gunakan. The reflektifitas objek didasarkan pada warna objek atau Albedo terestrial. Permukaan putih akan memantulkan banyak cahaya dan permukaan hitam akan mencerminkan hanya sedikit cahaya. benda Transparan seperti kaca hanya akan membiaskan cahaya dan memberikan informasi palsu tiga dimensi. 
Fungsi 
Tujuan dari scanner 3D biasanya untuk membuat awan titik sampel geometrik pada permukaan subjek.
 Titik-titik ini kemudian dapat digunakan untuk memperkirakan bentuk subjek (proses rekonstruksi disebut). Jika informasi warna dikumpulkan pada setiap titik, maka warna pada permukaan subjek juga dapat ditentukan. 
scanner 3D sangat analog dengan kamera.
 Seperti kamera, mereka memiliki lapangan seperti kerucut pandang, dan seperti kamera, mereka hanya dapat mengumpulkan informasi tentang permukaan yang tidak dikaburkan. Sementara kamera mengumpulkan informasi warna tentang permukaan dalam lapangan pandang, scanner 3D mengumpulkan informasi jarak sekitar permukaan dalam lapangan pandang. "Gambaran" yang diproduksi oleh scanner 3D menjelaskan jarak ke permukaan di setiap titik dalam gambar. Jika sistem koordinat bola didefinisikan di mana scanner adalah asal dan vektor keluar dari depan pemindai φ = 0 dan θ = 0, maka setiap titik dalam gambar dikaitkan dengan φ dan θ. Bersama dengan jarak, yang sesuai dengan komponen r, bulat koordinat ini sepenuhnya menggambarkan posisi tiga dimensi dari setiap titik dalam gambar, dalam sistem koordinat lokal relatif ke pemindai. 
Untuk kebanyakan situasi, satu scan tidak akan menghasilkan sebuah model lengkap dari subjek.
 Multiple scan, bahkan ratusan, dari berbagai arah yang biasanya diperlukan untuk mendapatkan informasi tentang semua sisi subjek. Scan ini harus dibawa dalam suatu sistem referensi umum, suatu proses yang biasa disebut keselarasan atau pendaftaran, dan kemudian bergabung untuk membuat model yang lengkap. Keseluruhan proses ini, terjadi dari rentang peta tunggal untuk seluruh model, biasanya dikenal sebagai pipa pemindaian 3D.

3D rendering 
3D rendering adalah proses komputer grafis 3D secara otomatis mengubah model frame kawat 3D ke 2D gambar dengan efek 3D fotorealistik pada komputer. 
Rendering adalah proses menghasilkan gambar dari model, dengan menggunakan program komputer.
 Model adalah deskripsi dari tiga dimensi obyek dalam bahasa ketat ditentukan atau struktur data. Hal ini akan berisi geometri, sudut pandang, tekstur, pencahayaan, dan informasi naungan. Gambar adalah gambar digital atau raster image grafis. Istilah ini mungkin dengan analogi dengan "rendering artis" sebuah dari sebuah pemandangan. 'Rendering' juga digunakan untuk menggambarkan proses menghitung efek dalam file video editing untuk menghasilkan output video akhir. 
Ini adalah salah satu-topik utama sub komputer grafis 3D, dan dalam praktek selalu terhubung dengan yang lain.
 Dalam pipa grafis, itu adalah langkah besar terakhir, memberikan penampilan akhir untuk model dan animasi. Dengan meningkatnya kecanggihan grafis komputer sejak tahun 1970 dan seterusnya, ini telah menjadi subjek yang lebih jelas. 
Rendering telah menggunakan dalam arsitektur, video game, simulator, efek film atau TV khusus, dan visualisasi desain, masing-masing menggunakan keseimbangan yang berbeda fitur dan teknik.Sebagai produk, berbagai renderers tersedia.
 Ada yang diintegrasikan ke dalam model yang lebih besar dan paket animasi, ada yang berdiri sendiri, beberapa bebas proyek open source. Di dalam, penyaji adalah sebuah program dengan hati-hati rekayasa, berdasarkan campuran selektif disiplin yang berkaitan dengan: fisika cahaya, persepsi visual, matematika, dan pengembangan perangkat lunak. 
Dalam hal grafis 3D, rendering bisa dilakukan perlahan-lahan, seperti pada pra-rendering, atau secara real time.
 Pra-rendering adalah proses komputasi secara intensif yang biasanya digunakan untuk pembuatan film, sedangkan real-time rendering sering dilakukan untuk 3D video game yang mengandalkan pada penggunaan kartu grafis dengan akselerator 3D hardware. 

Metode Rendering 
Rendering adalah proses akhir dari pembuatan gambar atau animasi 2D aktual dari adegan disiapkan.
 Hal ini dapat dibandingkan dengan mengambil foto atau syuting adegan setelah setup selesai dalam kehidupan nyata. Beberapa yang berbeda, dan sering khusus, metode rendering telah dikembangkan. Ini berkisar dari render wireframe jelas non-realistis melalui rendering poligon berbasis, untuk teknik yang lebih maju seperti: scanline rendering, ray tracing, atau radiositas. Rendering dapat berlangsung dari detik ke hari untuk satu gambar / frame. Secara umum, metode yang berbeda yang lebih cocok untuk rendering baik foto-realistis, atau rendering real-time.

3D Printing 
cetak 3D adalah kategori teknologi prototipe cepat. Sebuah objek tiga dimensi dibuat oleh layering dan menghubungkan penampang berturut-turut material. printer 3D umumnya lebih cepat, lebih terjangkau dan lebih mudah digunakan daripada teknologi lainnya fabrikasi aditif. 
Technologies 
            Sebelumnya berarti memproduksi prototipe biasanya membawa orang-jam, banyak peralatan, dan tenaga kerja terampil.
 Sebagai contoh, setelah luminer jalan cahaya digital baru dirancang, gambar dikirim ke pengrajin terampil dimana desain di atas kertas itu dengan susah payah diikuti dan prototipe tiga dimensi itu diproduksi dalam kayu dengan memanfaatkan seluruh toko penuh kayu mahal kerja mesin dan alat-alat . Ini biasanya bukan proses yang cepat dan biaya tenaga kerja terampil yang tidak murah. Oleh karena itu kebutuhan untuk mengembangkan proses yang lebih cepat dan lebih murah untuk memproduksi prototipe. Sebagai jawaban terhadap kebutuhan ini, prototyping cepat lahir. 
Salah satu variasi cetak 3D terdiri dari sebuah sistem pencetakan inkjet.
 Lapisan dari serbuk halus (plester, pati jagung, atau resin) yang selektif terikat oleh "mencetak" sebuah perekat dari printhead inkjet dalam bentuk setiap penampang yang ditentukan oleh file CAD.Teknologi ini adalah satu-satunya yang memungkinkan untuk mencetak prototipe penuh warna. Hal ini juga diakui sebagai metode tercepat. 
            Bergantian, cairan ini pakan mesin, seperti photopolymer, melalui printhead inkjet-jenis untuk membentuk setiap lapisan dari model.Mesin ini Fase Photopolymer menggunakan ultraviolet (UV) lampu banjir dipasang di kepala cetak untuk menyembuhkan setiap lapisan itu disimpan.
 
deposisi pemodelan Fused (FDM), sebuah teknologi juga digunakan dalam prototyping cepat tradisional, menggunakan nozzle untuk deposit polimer cair ke struktur dukungan, lapis demi lapis.
 
            Pendekatan lain adalah fusing selektif media cetak di ranjang granular.
 Dalam variasi ini, media tidak disatukan berfungsi untuk mendukung overhang dan dinding tipis di bagian yang sedang diproduksi, mengurangi kebutuhan untuk mendukung sementara tambahan untuk benda yang dikerjakan. 
            Akhirnya, fitur ultrasmall dapat dilakukan dengan teknik microfabrication 3D photopolymerization 2-foton.
 Dalam pendekatan ini, objek 3D yang diinginkan ditelusuri dalam satu blok gel dengan laser terfokus. Gel disembuhkan menjadi padat hanya di tempat di mana laser difokuskan, karena sifat nonlinear photoexcitation, dan kemudian sisa gel dicuci pergi. Fitur ukuran di bawah 100 nm yang mudah diproduksi, serta struktur yang kompleks seperti bergerak dan bagian yang saling bertautan. 
teknologi Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan akibatnya beberapa perusahaan menawarkan pilihan antara bubuk dan polimer sebagai bahan dari mana objek muncul.
 Umumnya, pertimbangan utama adalah kecepatan, biaya prototipe dicetak, biaya printer 3D, pilihan bahan, kemampuan warna, dll 
            Tidak seperti "tradisional" sistem aditif seperti stereolithography, cetak 3D dioptimalkan untuk kecepatan, biaya rendah, dan kemudahan penggunaan, sehingga cocok untuk memvisualisasikan selama tahap konseptual desain teknik ketika dimensi ketepatan dan kekuatan mekanik prototipe kurang penting .
 Tidak ada bahan kimia beracun seperti yang digunakan dalam stereolithography diperlukan, dan pasca pencetakan bekerja menyelesaikan minimal dibutuhkan.Orang hanya perlu sikat off sekitar bedak setelah proses pencetakan.bubuk Berikat cetak dapat diperkuat oleh lilin atau impregnasi termoset polimer. bagian FDM dapat diperkuat oleh wicking logam lain ke bagian.


komputer perangkat lunak grafis 3D 
Perangkat lunak komputer grafis 3D mengacu pada program yang digunakan untuk membuat citra 3D yang dihasilkan komputer. Ada tahapan biasanya banyak di "pipa" yang studio gunakan untuk membuat objek 3D untuk film dan permainan, dan artikel ini hanya mencakup beberapa perangkat lunak yang digunakan. Perhatikan bahwa sebagian besar paket 3D memiliki arsitektur plugin yang sangat berorientasi, dan high-end plugin biaya puluhan atau ratusan ribu dolar sering digunakan oleh studio. studio besar biasanya menciptakan sejumlah besar perangkat lunak berpemilik untuk menjalankan program bersama ini. 
Fitur 
            3D pemodel Banyak tujuan umum dan dapat digunakan untuk memproduksi model entitas berbagai dunia nyata, dari tanaman ke mobil orang.
 Beberapa dirancang khusus untuk model obyek tertentu, seperti senyawa kimia atau organ internal. 
pemodel 3D memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengubah model melalui mesh 3D mereka.
 Pengguna dapat menambah, mengurangi, meregangkan dan lain mengubah mesh dengan keinginan mereka. Model dapat dilihat dari berbagai sudut, biasanya secara bersamaan. Model bisa diputar dan melihat dapat diperbesar masuk dan keluar. 
pemodel 3D dapat mengekspor model mereka ke file, yang kemudian dapat diimpor ke aplikasi lain.
 Banyak pemodel memungkinkan importir dan eksportir untuk dipasang-dalam, sehingga mereka dapat membaca dan menulis data dalam format asli dari aplikasi lain. 
            3D pemodel Kebanyakan berisi sejumlah fitur terkait, seperti pelacak ray dan alternatif rendering lainnya dan fasilitas pemetaan tekstur.Beberapa juga berisi fitur yang mendukung atau memungkinkan animasi model.
 Beberapa mungkin dapat menghasilkan video full-motion dari serangkaian adegan yang diberikan (animasi yaitu). 
Menggunakan 
pemodel 3D digunakan dalam berbagai industri.
 Industri medis menggunakan mereka untuk menciptakan model detil dari organ-organ. Industri film menggunakan mereka untuk membuat dan memanipulasi karakter dan objek untuk gambar kehidupan nyata animasi dan gerak. Industri permainan video menggunakan mereka untuk menciptakan aset untuk permainan video. Sektor ilmu menggunakan mereka untuk menciptakan model sangat rinci senyawa kimia. Industri Arsitektur menggunakan mereka untuk membuat model bangunan yang diusulkan dan lanskap. Komunitas rekayasa menggunakan mereka untuk desain baru perangkat, kendaraan dan struktur serta sejumlah penggunaan lainnya. 
Mayor paket 
            Perbandingan komprehensif paket 3D yang signifikan dapat ditemukan di CG Society Wiki dan aplikasi 3D TDT3D 2007 perbandingan tabel.
 
3ds Max (Autodesk), awalnya bernama 3D Studio MAX. 3ds Max digunakan dalam banyak industri yang menggunakan grafis 3D. Hal ini digunakan dalam industri video game untuk mengembangkan model dan membuat cut-adegan bioskop. Hal ini digunakan dalam visualisasi arsitektur karena sangat kompatibel dengan AutoCAD-juga dikembangkan oleh Autodesk. Selain itu 3ds Max digunakan dalam produksi film, satu film kontemporer yang Kaena: The Prophecy.Dengan harga sekitar $ 3500 USD, ini adalah salah satu produk lebih mahal di pasar untuk jenis pekerjaan. 3ds Max tersedia untuk Windows. 3DS Max adalah saat ini di versi "2009" (v11). 
            AC3D (Inivis) adalah aplikasi lain pemodelan 3D yang dimulai pada tahun 90-pada platform Amiga. Meskipun digunakan dalam beberapa industri, MathWorks aktif merekomendasikan hal itu dalam banyak artikel kedirgantaraan mereka berhubungan karena harga dan kompatibilitas. Selain itu adalah komersial pertama 3D modeler untuk mengintegrasikan dukungan penuh untuk mengekspor model untuk platform metaverse Second Life. AC3D dihargai dalam kisaran USD $ 79 dan tersedia untuk Mac OS X, Windows dan Linux. Sementara AC3D tidak menampilkan renderer sendiri, ia dapat menghasilkan file output untuk kedua RenderMan dan POV-Ray antara lain. 
            Blender (Blender Foundation) adalah gratis, open source, studio 3D untuk animasi, modeling, rendering, dan texturing menawarkan serangkaian fitur yang sebanding dengan high end dan mid range suite animasi 3D seperti Maya, 3ds Max, atau Cinema 4D. Ini mencakup fitur seperti patung multi-resolusi; lukisan retopology.Selain mendukung lukisan tampilan tekstur 3D; stack modifier berbasis sistem; sistem partikel fleksibel dengan partikel rambut berdasarkan; kain / dinamika tubuh lembut, dinamika benda tegar dan simulasi fluida; texturing berdasarkan berbasis node dan node compositing; editor video terintegrasi non linier; dan terpadu mesin permainan. Blender dikembangkan di bawah GPL dan tersedia pada semua platform utama termasuk Windows, OS X, Linux, BSD, Sun dan Irix .. Saat ini merupakan satu-satunya animasi 3D suite yang didukung baik pada komputer super serta komputer genggam seperti Pocket PC (Pocket Blender). 
            Cinema 4D (Maxon) adalah paket sedikit lebih ringan dari yang lain dalam konfigurasi dasar. Perangkat lunak ini diklaim menjadi seniman-ramah, dan dirancang dengan pengguna yang kurang-teknis dalam pikiran. Ini memiliki biaya lebih rendah entri awal karena desain a-la-carte modular untuk pembelian fungsi tambahan sebagai pengguna membutuhkannya. Sebagai contoh, sebuah modul yang disebut BodyPaint memungkinkan seniman untuk menggambar tekstur langsung ke permukaan model. Awalnya dikembangkan untuk Amiga Commodore, juga tersedia untuk Mac OS X, Windows dan Linux.Cinema 4D saat ini di versi 10.5 
            Electric Image Animation System (EI Technology Group) adalah animasi 3D dan rendering paket yang tersedia di Mac OS X dan Windows. Kebanyakan dikenal dengan rendering kualitas dan kecepatan rendering itu tidak termasuk built-in modeler. AMDAL fitur kemampuan untuk menangani jumlah poligon sangat besar. Baru-baru ini, film blockbuster "Pirates of the Caribbean: Kutukan Pearl Black" dan tekan televisi "Lost" digunakan perangkat lunak. 
            form-Z (autodessys, Inc) merupakan tujuan umum padat / permukaan 3D modeler. Penggunaan utamanya adalah pemodelan, dan juga fitur rendering dan dukungan animasi. form-Z klaim user yang terlibat dalam arsitektur, desain interior, ilustrasi, desain produk, dan desain set. Its default renderer menggunakan mesin rendering LightWorks untuk raytracing dan radiositas. form-Z juga mendukung Plugin dan Skrip dan memiliki rendering support melalui Berikutnya Limit's Maxwell Renderer. Ini memiliki Impor / Ekspor kemampuan dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. Saat ini tersedia untuk Mac OS X dan Windows. Harga untuk perangkat lunak ini berkisar dari $ 1495 - $ 2390USD berdasarkan kualitas output. 
            Houdini (Side Effects Perangkat Lunak) digunakan untuk efek visual, dan karakter animasi sebagai seperti yang digunakan juga inDisney The Wild. Houdini menggunakan antarmuka tidak standar yang mengacu sebagai sistem node ". lisensi komersial Houdini termasuk salinan terbatas renderer hibrida micropolygon-raytracer Efek Samping Software, Mantra, tetapi Houdini juga memiliki built-in mendukung untuk renderers komersial seperti sinar Pixar RenderMan dan mental. Ada dua versi Houdini, Houdini Escape ($ 1,995 USD) dan Houdini Master ($ 7,995 USD). Untuk pengguna non-komersial, Side Effects Software menawarkan edisi gratis Houdini Apprentice pembelajaran pribadi, yang menempatkan sebuah watermark kecil pada gambar, dan Houdini Apprentice HD, paket USD $ 99 yang tidak watermark merender. Houdini saat ini di versi 9. 
            Light Wave 3D (NewTek), pertama kali dikembangkan untuk Amiga, pada awalnya dipaketkan sebagai bagian dari paket Toaster Video dan memasuki pasar sebagai cara murah bagi perusahaan produksi TV untuk membuat CG berkualitas bagi program mereka. Ini pertama mendapat perhatian publik dengan penggunaannya dalam serial TV "Babylon 5". Kontemporer digunakan dalam produksi TV dan film dapat dilihat dengan seri 2004 diciptakan Battle Star Galactica, CSI: Crime Scene Investigation dan film 300 (film). Ini adalah harga USD $ 795 dan tersedia untuk Windows dan Mac OS X. Lightwave 's versi saat ini adalah Versi 9.3.1 
            Light Works (LightWorkDesign) mengembangkan LightWorks dan SE LightWorks render 3D berkualitas tinggi toolkit banyak digunakan di bidang Mechanical, Konfigurasi dan CAD Arsitektur aplikasi.LightWorks secara tradisional digunakan ray tracing dan algoritma radiositas, namun baru-baru ini telah memasukkan Final mengumpulkan dan algoritma pencahayaan Global. LightWorks saat ini tersedia untuk Mac OS X dan Windows pada 32 dan 64bit. 
            Massive adalah sistem animasi 3D untuk menghasilkan efek visual yang terkait-orang, yang ditargetkan untuk digunakan dalam film dan televisi. Awalnya dikembangkan untuk mengendalikan CGI skala besar pertempuran di Lord of the Rings, Software Massive telah menjadi standar industri untuk pengendalian massa digital dalam animasi high end. Baru-baru ini, perangkat lunak telah digunakan untuk film blockbuster termasuk Happy Feet, King Kong, dan I, Robot. Ini tersedia untuk berbagai Unix dan platform Linux serta Windows. 
            Maya (Autodesk) saat ini digunakan dalam industri film dan televisi.Maya memiliki kurva belajar yang tinggi namun telah berkembang selama bertahun-tahun menjadi sebuah platform aplikasi dalam dan dari dirinya sendiri melalui extendability melalui bahasa pemrogramannya MEL. Sebuah alternatif umum untuk menggunakan default dibangun dalam sistem render mental ray bernama adalah Pixer's RenderMan. Pada tahun 2005, Autodesk (pembuat AutoCAD), mengakuisisi Alias - pencipta asli Maya. Maya datang dalam dua versi: Maya Lengkap (USD $ 1999) dan Maya Unlimited ($ 6999 USD).Ada juga Maya Personal Learning Edition, yang hanya untuk kepentingan non-komersial dan menempatkan watermark pada setiap gambar yang diberikan. Versi saat ini dari Maya adalah "2008" (V9) 
            Modo (Luxology) adalah pemodelan subdivisi, texturing dan rendering alat. Baru-baru ini, versi 301 ditambahkan kemampuan animasi untuk gerakan kamera dan morphs / blendshapes. Ini adalah harga di bidang 895 $ USD dan tersedia untuk Windows dan Mac OS X. Modo 's versi saat ini adalah 302. 
            Silo (Nevercenter) adalah sebuah permukaan modeler subdivisi tersedia untuk Mac OS X dan Windows, dengan versi Linux dalam pembangunan. Silo tidak termasuk penyaji dan harga di daerah USD $ 109. Silo adalah dibundel di modeler untuk suite Electric Image Animation System. 
            SketchUp Pro (Google) adalah paket pemodelan 3D yang memiliki model pendekatan berbasis-sketsa. Ini memiliki versi pro yang mendukung 2-D dan fungsi ekspor 3-D model antara fitur-fitur lain, yang saat ini harga $ 495 USD. Ini juga memiliki versi gratis yang terintegrasi dengan Google Earth dan membatasi ekspor ke "Gudang Gambar 3D" Google, dimana pengguna dapat berbagi konten mereka. 
            SoftimageXSI (Avid) adalah fitur-sama dengan Maya dan dijual sebagai alternatif kompletif. Sebelum diakuisisi oleh Avid, Softimage awalnya dipromosikan program (dengan nama Softimage 3D) untuk digunakan dalam industri video game dan dijamin promosi sebagai bagian dari Nintendo N64 SDK. The Softimage XSI lebih baru memiliki fitur tambahan dan terintegrasi dengan render mental ray. XSI versi sekarang adalah versi 6.5. 
            SolidThinking (solidThinking Ltd) adalah solid 3D / permukaan modeling dan rendering perangkat lunak yang dilengkapi dengan metode Konstruksi Pohon pembangunan. Hal ini dijelaskan sebagai sejarah proses konstruksi model allowes update real-time jika modifikasi yang dibuat untuk titik-titik, kurva, parameter atau seluruh objek. solidThinking tersedia dalam empat versi: modeler, pemodel XL, DESAIN, dan Vantage. 
            SolidWorks (Solid Works Corporation) adalah serangkaian paket digunakan terutama untuk pengujian virtual suatu produk. Termasuk pemodelan, perakitan, menggambar, sheetmetal, weldments, dan bentuk yang unik permukaan. Ini juga memiliki dukungan untuk pemrograman kustom / scripting dalam Visual Basic dan C. lisensi / paket yang SolidWorks, SolidWorks Kantor, SolidWorks Office Professional, SolidWorks Office Premium, SolidWorks Student Design Kit, SolidWorks Education Edition, dan SolidWorks Student Edition. 
            TrueSpace (Karnaval Corporation) adalah program lain 3D tersedia untuk Windows, walaupun perusahaan Karnaval pertama yang ditemukan, mulai pada platform Amiga. trueSpace fitur modeling, animasi, 3D-lukisan, dan kemampuan rendering. Ini adalah harga dalam kisaran harga $ 199 USD untuk Versi 5.2 melalui USD $ 595 untuk Versi 7. Versi terakhir adalah 7.5 
            ViewBuild USA (VEC3D) adalah paket perangkat lunak 3D dibangun pada platform game yang digunakan terutama untuk arsitektur modeling. 
            Vue 6 (E-on Software) Vue 6 adalah alat untuk membuat, menghidupkan dan render 3D lingkungan alam. Itu adalah yang terakhir digunakan untuk menciptakan lingkungan hutan latar belakang dalam 2 dan 3 Pirates of the film Karibia. Versi saat ini adalah v6.5 
            Zbrush (Pixologic) adalah alat patung digital yang mengkombinasikan pemodelan 3D/2.5D, texturing dan melukis alat yang tersedia untuk Mac OS X dan Windows. Ini adalah versi USD.The harga $ 489 saat Zbrush adalah 3,1. 
 Lain paket 
Anim8or adalah proprietary 3D rendering freeware dan paket animasi.
Animasi: Master dari Hash, Inc adalah paket pemodelan dan animasi yang berfokus pada kemudahan penggunaan.
 Ini adalah modeler spline berbasis. Kekuatannya terletak pada karakter animasi. 
Art of Illusion adalah paket perangkat lunak bebas dikembangkan di bawah GPL.
 
AutoQ3D adalah cross-platform modeler GPL.
 
Bryce (DAZ Productions) yang paling terkenal untuk lanskap.
 
Carrara (DAZ Productions) adalah alat lengkap 3D mengatur paket untuk 3D modeling, animasi texturing dan rendering, dan Amapi dan segi enam adalah paket 3D sering digunakan untuk high-end model abstrak dan organik masing-masing.
 
Cheetah3D terutama ditujukan untuk amatir 3D artis dengan beberapa fitur high-end dan menengah
 
DAZ Studio alat khusus gratis untuk menyesuaikan parameter model yang sudah ada sebelumnya, dan membuat mereka berpose.
 Mirip dengan Poser, tetapi lebih terbatas dalam fungsi. 
DeleD 3D Editor adalah 3D yang berfungsi penuh permainan yang berorientasi gratis Editor.
 PRO versi juga tersedia. 
DIALux adalah cahaya bebas membuat perangkat lunak.
 Hal ini juga membuat bangunan / pemodelan arsitektur dan sedikit lebih.Digunakan untuk biaya ribuan dolar. Hal ini renderers juga. 
DX Studio sebuah lingkungan pengembangan terintegrasi yang lengkap untuk membuat grafik 3D interaktif.
 Sistem ini terdiri dari baik mesin 3D real-time dan seperangkat alat editing, dan merupakan produk pertama yang menawarkan rangkaian lengkap alat-alat dalam IDE tunggal. 
Equinox-3D
 
Grome adalah modeler profesional sangat cocok untuk lingkungan outdoor.
 Digunakan dalam industri game dan simulasi 3D. 
K-3D adalah modeling GNU, animasi, dan sistem rendering tersedia di Linux dan Win32.
 Itu membuat penggunaan mesin membuat RenderMan-compliant. Ini fitur adegan pemodelan grafik prosedural sama dengan yang ditemukan dalam Houdini. 
Landscape Studio adalah generator heightmap berbasis Java.
 
MakeHuman adalah program GPL yang menghasilkan 3D humanoids parametrik.
 
MeshLab adalah Windows gratis, Linux dan Mac OS X untuk memvisualisasikan aplikasi, menyederhanakan, pengolahan dan mengkonversi besar tiga jerat dimensi ke atau dari berbagai format file 3D.
 
MilkShape 3D adalah shareware / trialware poligon 3D modeling program dengan impor luas / kemampuan ekspor.
 
Misfit Model 3D merupakan editor model berbasis OpenGL 3D yang bekerja dengan model segitiga berbasis.
 Mendukung multi-level undo, animasi skeletal, texturing sederhana, scripting, command-line pemrosesan batch, dan sistem plugin untuk menambahkan model baru dan filter gambar. bantuan online lengkap disertakan. Hal ini dirancang untuk mudah digunakan dan mudah untuk memperpanjang dengan plugin dan skrip. 
Moonlight3d adalah pemodelan dan animasi.
 
Mudbox Mudbox adalah 3D resolusi tinggi berbasis mematung sikat program, yang mengklaim menjadi yang pertama dari jenisnya.Perangkat lunak diakuisisi oleh Autodesk pada tahun 2007.
 
OpenFX adalah studio pemodelan dan animasi, didistribusikan dibawah GPL.
 
Pixels 3D mendukung model NURBS, animasi dan efek dan dilengkapi dengan renderer micropolygon dengan grafik materi berbasis node.Ini tersedia secara eksklusif untuk Mac OS X.
 
Poser (Smith Micro) Poser adalah sebuah render 3D animasi dan program perangkat lunak dioptimalkan untuk model yang menggambarkan sosok manusia dalam bentuk tiga-dimensi dan khusus untuk menyesuaikan fitur yang sudah ada sebelumnya model karakter melalui parameter yang bervariasi.
 Itu juga untuk berpose dan rendering model dan karakter. Ini mencakup beberapa alat khusus untuk berjalan-jalan kain siklus penciptaan, dan rambut. 
RealFlow mensimulasikan dan membuat sistem partikel tubuh kaku dan cairan.
 
3D Realsoft Real3D
 
Badak 3D adalah alat model komersial yang memiliki dukungan yang sangat baik untuk mengedit NURBS bentuk yang unik.
 
ShapeShop adalah sketsa bebas berbasis 3D modeling tool didasarkan pada permukaan implisit hirarkis.
 Seperti Sketchup, sangat mudah digunakan, tetapi dapat menciptakan lebih luas permukaan yang halus. 
SharpConstruct adalah sebuah program pemodelan 3D gratis yang bekerja seperti ZBrush.
 
Terragen dan Terragen 2 adalah pemandangan generator freeware.
 
Wings 3D adalah modeler, BSD-berlisensi minimal.
 
3D MESH pandai besi adalah 3D modeler yang menggabungkan fitur yang berguna dalam desain video game tingkat atau untuk merancang objek 3D melalui antarmuka yang disederhanakan.
 Aplikasi ini juga dilengkapi alat untuk pemodelan karakter dan animasi, script animasi objek, generasi mesh dan mengedit serta lukisan 3D (warna dan peta bump). Ini menggunakan pseudo "gaya C" bahasa scripting. 
Renderers 
3Delight adalah renderer RenderMan-compliant.
 
Aqsis adalah suite rendering bebas sesuai dengan standar RenderMan.
Brasil mesin render untuk 3ds Max dan VIZ
 
FPrime untuk Lightwave menambahkan preview sangat cepat dan bisa dalam banyak kasus dapat digunakan untuk rendering akhir.
 
Fryrender adalah renderer multi-platform yang forgoes raytracing, pencahayaan global dan radiositas mendukung rendering foton dengan spektrum elektromagnetik virtual, sehingga membuat tampak sangat otentik.
 
Gelato adalah, hardware-accelerated non-real-time renderer dibuat oleh produsen kartu grafis NVIDIA.
 
Indigo Renderer merupakan sumber tertutup (tapi gratis untuk semua penggunaan) renderer fotorealistik yang menggunakan XML untuk deskripsi scene.
 tersedia untuk Blender, Maya (MTI), Cinema 4D, Rhino, 3ds Max Eksportir. 
IRender untuk menambah kemampuan render SketchUp fotorealistik ke SketchUp.
 
Kerkythea adalah sistem rendering freeware yang mendukung raytracing.
 Saat ini, dapat diintegrasikan dengan 3ds Max, Blender, SketchUp, dan Silo (umumnya perangkat lunak yang dapat mengekspor file dalam format obj dan 3ds). Kerkythea adalah renderer mandiri, menggunakan bahan fisik yang akurat dan pencahayaan. 
Kray untuk Lightwave menawarkan radiositas sangat cepat rendering solusi
 
LuxRender merupakan open source yang tidak bias menampilkan rendering mesin transportasi ringan Metropolis
 
Maxwell Render adalah renderer multi-platform yang forgoes raytracing, pencahayaan global dan radiositas mendukung rendering foton dengan spektrum elektromagnetik virtual, sehingga membuat tampak sangat otentik.
 Ini adalah yang pertama ke pasar. 
mental ray renderer lain populer, dan dilengkapi default dengan sebagian besar paket high-end.
 
Pixar fotorealistik RenderMan adalah penyaji, digunakan di banyak studio.
 Animasi paket seperti 3DS Max dan Maya pipa bisa untuk RenderMan untuk melakukan semua rendering. 
Peri adalah renderer open source fotorealistik.
 
POV-Ray (atau The Persistence Visi raytracer) adalah (dengan sumber) freeware pelacak sinar ditulis untuk banyak platform.
 
Sunflow adalah open source, renderer foto-realistis ditulis di Jawa.
 
Turtle adalah renderer alternatif untuk Maya, itu mengkhususkan diri dalam radiositas lebih cepat dan teknologi permukaan baking otomatis yang lebih lanjut meningkatkan membuat cepat nya.
 
V-Ray dipromosikan untuk digunakan di bidang visualisasi arsitektur digunakan bersamaan dengan 3ds Max dan 3ds viz.
 Hal ini juga sering digunakan dengan Maya. 
raytracer YafRay / renderer didistribusikan di bawah lisensi LGPL.
 
Terkait dengan software 3D 
Swift 3D adalah paket untuk mengubah model dalam Lightwave atau 3DS Max menjadi animasi Flash.
 
Match moving software is commonly used to match live video with computer-generated video, keeping the two in sync as the camera moves.
 
After producing video, studios then edit or composite the video using programs such as Adobe Premiere or Apple Final Cut at the low end, or Auto desk Combustion, Eye-on Digital Fusion, Apple Shake at the high end.
 
Meta Creations Detailer and Painter 3D are discontinued software applications specifically for painting texture maps on 3-D Models.
 
Any raster graphic editor software may be used to touch up rendered 3D still images from any 3D software application.
 
UVMapper is a freeware/shareware program for setting UVs on Alias Wavefront Object models.
 
Headus UVLayout is a software package for creating UVs on models. Rather than the traditional 'projection' approach, it uses a 'slice and flatten' approach which leads to less seams and distortion.


Sumber ;

http://www.informatika.org/~rinaldi/Buku/Pengolahan%20Citra%20Digital/Bab-1_Pengantar%20Pengolahan%20Citra.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar